Di sini boleh ngawur, ketawa, misuh, teriak dan sebagainya karena blog ini hanya TA-KAN-TAH. Takantah berarti tidak sungguhan, bisa fiktif belaka, namun blog ini nyata.

Sunday, January 17, 2016

Kata Maaf dan Terimakasih (dari sudut mataku)

Kusarikan dari status facebookku

Kata "maaf", "terimakasih" dan yang sepadan maknanya, bukan sekadar ungkapan basa-basi. Ia adalah ungkapan pengakuan.


Mengatakan "Maaf", berarti mengakui pernah salah atau khilaf. Dengan mengakui kesalahan yang diperbuat dan meminta maaf pada yang dirugikan karena ulah (kesalahan) kita, itu pertanda ada upaya memperbaiki kesalahan kita. Upaya memperbaiki itu sendiri adalah suatu pertobatan, dan bertobat termasuk sebaik-baiknya perbuatan.
Saat berbuat salah, sengaja atau pun tidak, segeralah minta maaf. Dengan begitu, orang yang merasa dirugikan seharusnya memaafkan sebagai bentuk penghargaan pada orang yang berusaha menebus kesalahannya itu. Apakah orang yang beruasaha memperbaiki kesalahan harus dihargai? Jika Anda manusia, seharusnya iya.
Memang betul memaafkan itu sulit, terlebih kesalahannya fatal dan sangat menyakitkan. Namun percayalah, lebih sulit meminta maaf daripada memaafkan. Meminta maaf, atau mengucapkan maaf, terkesan hal sepele tapi sesungguhnya tidak. Ada harga diri yang dipertaruhkan, siap direndahkan, dengan mengatakan maaf yang berarti mengakui kesalahan. Seorang bersalah harus menekan egonya, mempertaruhkan harga dirinya, untuk menyatakan maaf. Semakin tinggi derajat seseorang yang berbuat salah dibanding orang yang disalahi, justru semakin berat ia mengucapkan kata maaf.
Saat komentar Anda menyinggung perasaan warga FB, Saat status, komentar, foto atau link yang Anda bagikan membuat jengkel warga FB yang lain, minta maaflah, agar tidak ada yang tersakiti di antara kita. ciee. Jika memang tidak sepaham dengan akun lain, dan lebih sering menimbulkan mudharat, maka saran Saya segeralah minta maaf kepada akun bersangkutan dan katakan Anda akan meremove-nya.
Sedangkan "terimakasih" adalah ungkapan syukur. Ungkapan penghargaan. Diucapkan saat Anda mendapatkan hal menguntungkan, dan diungkapkan kepada yang memberi keuntungan baik Tuhan, Manusia, alam atau siapa/apapun. Diberi kehidupan oleh Tuhan, berterimakasihlah. Mendapati pemandangan indah, berterimakasihlah. Mendapat pemberian dari seseorang, berterimakasihlah. Termasuk mendapat hiburan, informasi, akun FB Anda diAdd atau permintaan pertemanan Anda dikonfirmasi, berterimakasihlah.
Namun begitu, mengucapkan terimakasih seakan mudah namun hal itu jarang dilakukan. Saya sendiri keseringan lupa mengucapkannya. Kadang memang sengaja tidak mengucapkan terimakasih dengan alasan tidak perlu. Semakin kecil "keuntungan" yang diperoleh, semakin sulit mengucapkan terimakasih.
Terimakasih bisa berupa "like". Saat Anda menikmati status, komentar, foto atau link yang dibagikan seAkun lain, maka berterimakasihlah dengan me-like-nya. Karena berterimakasih, bersyukur dan kata yang sesinonim adalah ungkapan sepele yang apabila diungkapkan merupakan sebaik-baiknya perbuatan.
>>=== Semoga Anda berkenan ===>>

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak

Muktir Rahman

Muktir Rahman
Muktir adalah nama langka, tidak banyak yang memilikinya, di Negeri ini. Sulit diucapkan, sulit dihafal tapi tidak sulit dikenang.
TA KAN TAH. Powered by Blogger.

My Blog List

Labels